INTERVENSI EDUKASI MANAJEMEN NYERI PADA PASIEN HYPERTENSI MELALUI PENDEKATAN TEORI KEPERAWATAN OREM

Main Article Content

Sri Haryati
Meri
Emi Pebriani

Abstract

Gaya hidup sehat merupakan kebutuhan fisiologis yang hierarki, kebutuhan manusia paling dasar untuk dapat mempertahankan hidup termasuk juga menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat serta terbebas dari segala macam penyakit. Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang dapat mengakibatkan angka kesakitan (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas). Hipertensi berarti tekanan darah didalam pembuluh-pembuluh darah sangat tinggi yang merupakan pengangkut darah dari jantung yang memompa darah keseluruh jaringan dan organ-organ tubuh (Dwi Sapta Aryantiningsih & Silaen, 2018). Data yang diperoleh penulis di Puskesmas Pasar Kepahiang, penyakit hipertensi pada Lansia  yang mendapat pelayanan di Puskesmas Pasar Kepahiang tahun 2020 sebesar 3002 Kasus tahun 2021sebayak 2548 Kasus dan tahun  2022 januari s/d juli terdapat 880 Kasus. Salah satu gejala hypertensi adalah nyeri kepala, Nyeri secara umum, diartikan sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan akibat terjadinya rangsangan fisik atau mental yang terjadi secara alami yang bersifat subjektif dan personal, Nyeri kepala merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan penderita hipertensi karena peningkatan tekanan intra kranial (Potter & Perry, 2009). Tujuan umum studi kasus ini adalah untuk Memahami dan menerapkan asuhan keperawatan pada pasien Hypertensi dengan intervensi edukasi manajemen nyeri melalui pendekatan teori model self-care Orem. Metode penelitian studi kasus ini adalah metode kualitatif dengan strategi penelitian Case study research, dimana peneliti melakukan asuhan keperawatan pada dua pasien hypertensi melalui pendekatan teori model self-care Orem dengan pendekatan teori Orem antara lain: Diagnosa dan resep, tahapan ini mencakup pengkajian, analisa, menetapkan diagnosa keperawatan dan menyusun intervensi keperawatan.

Article Details

Section
Articles